Bab IV Perancangan Sistem

BAB IV

PERANCANGAN SISTEM

A. RANCANGAN GLOBAL

Rancangan Global merupakan suatu sistem yang menggambarkan sistem secara keseluruhan. Tujuan dari sistem global ini adalah untuk menerangkan hubungan dari sub-sub sistem yang nantinya sistem tersebut menjadi suatu kesatuan yang terintegrasi.

Pada perancangan ini kita dapat mengetahui hubungan antara komponen-komponen pendukung dari sistem yang akan dirancang tersebut. Disamping itu kita dapat memberikan gambaran kepada pemakai sistem yang ada di lingkungan rumah sakit tentang informasi apa saja yang dihasilkan dari sistem yang akan dirancang. Dalam desain sistem tersebut secara global ini penulis merancang Diagram HIPO dan Context Diagram.

 

  1. Diagram Hirarki Input Proses Output (HIPO)

Diagram HIPO berfungsi untuk memperlihatkan jenjang atau hirarki dari program yang akan dikembangkan. Dengan demikian dapat dijabarkan urutan kerja dari tiap program. Adapun bentuk struktur program yang penulis uraikan dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:

a. Top level, merupakan level atau hirarki yang utama tentang proses pengolahan data pembelian barang umum ini.

b. Hirarki Top Level, memiliki 3 bagian sub level yaitu Entry Data, Proses, Laporan.

c. Sub-sub level tersebut juga memiliki bagian level yaitu:

1) Sub Level Entry Data memiliki 3 bagian yaitu : Entry Data barang, Entry Data Pegawai, Entry Data Supplier. Pada bagian Entry Data Barang menguraikan tentang data-data barang, Entry Data Pegawai menguraikan tentang data-data pegawai, dan Entry Data Supplier menguraikan tentang data-data supplier.

2) Sub Level Proses memiliki 2 bagian yaitu: Proses Permintaan Barang dan Proses Pembelian Barang. Proses Pembelian Barang Umum menguraikan tentang data-data pembelian barang umum yang di beli dan data supplier dan data pegawai serta total pembelian, dan Proses Permintaan Barang Umum menguraikan tentang data-data permintaan barang umum yang diminta dari pegawai yang bersangkutan digudang.

3) Sub Level Pembuatan Laporan memiliki 6 bagian yaitu: Laporan persediaan barang yang menguraikan tentang data-data persediaan barang yang ada digudang, laporan pembelian barang pertanggal menguraikan tentang tentang data-data barang yang dibeli perhari dan mingguan dari setiap transaksi pembelian, laporan pembelian barang perbulan menguraikan tentang data pembelian barang dari seluruh transaksi selama 1 bulan, laporan permintaan barang pertanggal menguraikan tentang data-data permintaan barang umum dari gudang setiap harinya, dan laporan permintaan barang perbulan menguraikan tentang data-data permintaan barang dari gudang dari seluruh transaksi selama satu bulan serta laporan daftar rincian persediaan barang menguraikan tentang rincian persediaan barang secara detail.

 

HIPO (Hirarky Plus Input Proses Output)

hipo11.jpg

 

Gambar 4.1 Hirarki Program (HIPO)

Sistem Informasi Pengolahan Data

Pembelian Barang Umum Pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang

  1. CONTEXT DIAGRAM

Context Diagram merupakan gambaran umum dari sistem yang diusulkan, dimana pada diagram ini menggambarkan hubungan input dan out put antara sistem dengan kesatuan luarnya. Adapun Context Diagram dalam sistem pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang dapat melibatkan 4 buah entiy yaitu :

1) Supplier 3) Ka.Keuangan

2) Ka.Logistik & Staff Logistik 4) Pimpinan

 

contex-diagaram.jpg

 

 

Gambar 4.2 Context Diagram

Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian Barang Umum Pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang

Pada Context Diagram di atas tampak jelas bagian Ka.Logistik dan Staff Logistik memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengolahan data dan penyajian berbagai laporan seperti laporan persediaan barang, laporan pembelian barang pertanggal, laporan pembelian barang perbulan dan laporan permintaan barang pertanggal, laporan permintaan barang perbulan dan laporan daftar rincian persediaan barang pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang. Untuk lebih jelasnya penulis akan menguraikan prosedur aliran Context Diagram yang digambarkan pada gambar diatas, yaitu:

1) Supplier memberikan data barang dan data supplier kepada bagian Ka.Logistik dan Staff logistik.

2) Ka.Logistik dan Staff Logistik. memberikan Data Supplier, Data Pegawai, Data Barang, Data Pembelian Barang dan Data Permintaan Barang kedalam sistem pengolahan data untuk diproses lebih lanjut.

3) Sistem pengolah data menerima dan memproses Data Supplier, Data Pegawai, Data Barang, Data Pembelian Barang dan Data Permintaan Barang untuk di proses dalam pembuatan laporan seperti Laporan Persediaan Barang, Laporan Pembelian Barang Pertanggal, Laporan Pembelian Barang Perbulan, Laporan Permintaan Barang Pertanggal dan Laporan Permintaan Barang Perbulan serta Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang.

4) Dari proses pengolahan data akan menghasilkan Laporan seperti Laporan Persediaan Barang, Laporan Pembelian Barang Pertanggal, Laporan Pembelian Barang Perbulan, Laporan Permintaan Barang Pertanggal dan Laporan Permintaan Barang Perbulan serta Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang.

5) Laporan tersebut diberikan kepada Kepala bagian Logistik untuk disetujui, dan dilanjutkan ke Ka.Keuangan dan diteruskan kepimpinan untuk ditandatangani. setelah itu dilakukan proses pengarsipan. Lalu laporan juga diberikan ke bagian Ka.Logistik & Staff Logistik dan Ka.Keuangan.

6) Seluruh proses pengolahan data ini memerlukan relasi antar file yaitu file barang, file pegawai, file supplier, file permintaan, file pembelian.

 

B. RANCANGAN TERINCI

Perancangan secara terinci yang disebut juga dengan disain teknis sistem secara fisik (Phisical System Design) atau disebut juga dengan disain internal (Internal Design), yaitu perancangan bentuk fisik atau bagian arsitektur sistem yang diusulkan

1. DATA FLOW DIAGRAM (DFD)

Data Flow Diagram merupakan gambaran sistem yang telah ada atau sistem baru yang dikembangkan secara logika. Tanpa memperhatikan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir. Gambaran ini tidak tergantung kepada perangkat keras, perangkat lunak, struktur data dan organisasi file. Dimana diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Data Flow Diagram Level 0

Pada proses Data Flow Diagram level 0 merupakan penjelasan umum sebuah gambaran aliran data yang menghubungkan proses-proses yang terjadi, yang didapatkan berdasarkan hasil Context Diagram. Adapun bentuk Data Flow Diagram Level 0 mengenai bagaimana uraian dalam proses sistem pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang dapat dilihat pada gambar berikut ini

“DFD Level 0 Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian Barang Umum Pada

Rumah Sakit Yos Sudarso Padang”

dfd

Gambar 4.3 Data Flow Diagram (DFD) Level 0

Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian

Barang Umum Pada Rumah Sakit Yos Sudarso

Padang

Keterangan Arus Data :

§ Data Barang berisi :Kode_Barang, Nama_Barang, satuan_Barang, Stok_Barang

§ Data Pegawai berisi : Kode_Pegawai, Nama_Pegawai, Alamat_Pegawai, Telepon_Pegawai, Jabatan_Pegawai

§ Data Supplie rberisi :Kode_Supplier, Nama_Supplier, Alamat_Suppllier, Perusahaan_Supplier, Telepon_Supplier

§ Data Pembelian berisi : Nofak_Pembelian, Tanggal_Pembelian, Data Barang, Data Pegawai, Data Supplier, Total_Pembelian

§ Data Permintaan berisi:Nofak_Permintaan, Tanggal_Permintaan, Kode_Pegawai, Kode_Barang, Nama_Barang, Harga Minta, Total_Minta

b. Data Flow Diagram Level 1

diagaram-flow.jpg

Gambar 4.4 Data Flow Diagram (DFD) Level 1 Proses Entry Data

Keterangan Arus Data :

§ Data Barang berisi :Kode_Barang, Nama_Barang, satuan_Barang, Stok_Barang

§ Data Pegawai berisi : Kode_Pegawai, Nama_Pegawai, Alamat_Pegawai, Telepon_Pegawai, Jabatan_Pegawai

§ Data Supplier berisi : Kode_Supplier, Nama_Supplier, Alamat_Suppllier, Perusahaan_Supplier,, Telepon_Supplier

§ Data Pembelian Barang berisi : Nofak_Pembelian, Tanggal_Pembelian, Kode_Barang, Data Pegawai, Data Supplier, Total_Pembelian

§ Data Permintaan Barang berisi: Nofak_Permintaan, Tanggal_Permintaan, Kode_Pegawai, Kode_Barang, Nama_Barang, Harga Minta, Jumlah Minta, Total_Minta.

c. Data Flow Diagram Level 2

 

diagram-fd2.jpg

Gambar 4.5 Data Flow Diagram (DFD) Level 2 Proses Pengolahan Data

Keterangan Arus Data :

§ Data Barang berisi :Kode_Barang, Nama_Barang, satuan_Barang, Stok_Barang

§ Data Pegawai berisi : Kode_Pegawai, Nama_Pegawai, Alamat_Pegawai, Telepon_Pegawai, Jabatan_Pegawai

§ Data Supplier berisi : Kode_Supplier, Nama_Supplier, Alamat_Suppllier, Perusahaan_Supplier,, Telepon_Supplier

§ Data Pembelian Barang berisi : Nofak_Pembelian, Tanggal_Pembelian, Kode_Barang, Data Pegawai, Data Supplier, Total_Pembelian

§ Data Permintaan Barang berisi: Nofak_Permintaan, Tanggal_Permintaan, Kode_Pegawai, Kode_Barang, Nama_Barang, Harga Minta, Jumlah Minta Total_Minta.

d. Data Flow Diagram level 3

diagaram3.jpg

Gambar 4.6 Data Flow Diagram (DFD) Level 3 Proses Laporan

Keterangan Arus Data :

· Data Barang berisi :Kode_Barang, Nama_Barang, satuan_Barang, Stok_Barang

· Data Pegawai berisi : Kode_Pegawai, Nama_Pegawai, Alamat_Pegawai, Telepon_Pegawai, Jabatan_Pegawai

· Data Supplier berisi : Kode_Supplier, Nama_Supplier, Alamat_Suppllier, Perusahaan_Supplier,, Telepon_Supplier

· Data Pembelian Barang berisi : Nofak_Pembelian, Tanggal_Pembelian, Kode_Barang, Data Pegawai, Data Supplier, Total_Pembelian

· Data Permintaan Barang berisi: Nofak_Permintaan, Tanggal_Permintaan, Kode_Pegawai, Kode_Barang,

Nama_Barang, Harga Minta, Jumlah Minta Total_Minta.

Pada Proses level 1, 2 dan 3 merupakan penjelasan umum mengenai bagaimana jelasnya proses pengolahan data dalam pembuatan laporan pembelian barang umum pada Rumah sakit Yos Sudarso Padang, yang di jelaskan pada gambar diatas.

Untuk lebih jelasnya penulis menguraikan prosedur aliran data flow diagram level 1, 2 dan 3 pembuatan laporan seperti yangdigambarkan pada gambar tersebut diatas yaitu :

a) Dari proses pengolahan atau entri data dan juga proses pengolahan dapat diperoleh proses pembuatan laporan sebanyak 6 buah laporan yaitu:

1) Laporan Persediaan Barang dibutuhkan data barang, data pembelian barang dan data permintaan barang.

2) Laporan Pembelian Barang Pertanggal dan dibutuhkan data supplier, data barang, data pegawai, dan data pembelian.

3) Laporan Pembelian barang Perbulan dibutuhkan data supplier, data barang, data pegawai, dan data pembelian.

4) Laporan Permintaan Barang Pertanggal dibutuhkan data pegawai, data barang, data pembelian. dan data permintaan

5) Laporan Permintaan Barang Perbulan dibutuhkan data barang, data pembelian., data permintaan juga data pegawai.

6) Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang data barang, data pembelian., data permintaan juga data pegawai dan data supplier..

 

b) Dari proses pengolahan atau entri data dapat diperoleh proses. Dimana semua laporan ini diberikan kepada pimpinan untuk disetujui.

 

2. RANCANGAN MENU PROGRAM

Disain menu utama program yang penulis rancang untuk sistem pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang adalah sebagai berikut:

 

rancangmenu.jpg

 

 

Gambar 4.7 Menu Program

Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian Barang Umum Pada Rumah Sakit Yos Sudarso

3. RANCANGAN OUTPUT

Rancangan Output atau keluaran adalah informasi yang dihasilkan oleh pengolah data komputer dari data input yang telah diproses dan dapat berguna bagi manajemen untuk mengambil suatu keputusan. Adapun laporan yang dirancang dalam menghasilkan pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang sebagai berikut:

 

a. Laporan Persediaan Barang

 

Rancangan Laporan Persediaan Barang

 
 

LOGO

 

RUMAH SAKIT YOS SUDARSO PADANG

Jln. Situjuh No 1 Padang

 
 

LAPORAN PERSEDIAAN BARANG

No

Kode Barang

Nama

Barang

Satuan

Stok

(Tersedia)

 

9(15)

 

 

X(5)

 

X(30)

 

X(10)

 

9(8)

Jumlah Item Barang : 9(8)

 

Padang, 99-99-9999

Mengetahui

Pimpinan

 

X(45)

Dibuat Oleh

Ka.Logistik

 

 

X(45)

Tabel 4.1 Rancangan Laporan Persediaan Barang

 

b. Laporan Pembelian Barang Pertanggal

 

Rancangan Laporan Pembelian Barang Pertanggal

 

LOGO

RUMAH SAKIT YOS SUDARSO PADANG

Jln. Situjuh No 1 Padang

LAPORAN PEMBELIAN BARANG PERTANGGAL

Periode Tanggal : 99-99-999

 

No

Tanggal

Pembelian

Nama

Faktur

Nama

Supplier

Barang (Pembelian)

Nama Pegawai

BertanggungJawab

Kode

Nama

Bnyk

Satuan

Harga

Total

9(15)

99-99-9999

X (15)

X (30)

X (5)

X (30)

9(2)

X (10)

9 (8)

9 (8)

X (30)

Total Keseluruhan

9(8)

9(8)

 

Padang, 99-99-9999

Mengetahui

Pimpinan

X(45)

Dibuat Oleh

Ka.Logistik

X(45)

 

Tabel 4.2 Rancangan Laporan Pembelian Barang Pertanggal

 

c. Laporan Pembelian Barang Perbulan

 

Rancangan Laporan Pembelian Barang Perbulan

 
 

LOGO

RUMAH SAKIT YOS SUDARSO PADANG

Jln. Situjuh No 1 Padang

LAPORAN PEMBELIAN BARANG PERBULAN

Bulan : XXXX

No

Tanggal

Pembelian

Nomor

Faktur

Nama

Supplier

Nama Pegawai

Bertanggungjawab

Total

Pembelian

9(15)

99-99-9999

X (10)

X (30)

X (30)

9 (8)

 

Total Keseluruhan :

 

9(8)

Padang, 99-99-9999

 

Mengetahui

Pimpinan

 

 

X(45)

Dibuat Oleh

Ka.Logistik

 

 

X(45)

 

 

 

 

Tabel 4.3 Rancangan Laporan Pembelian Barang Perbulan

 

 

 

 

 

d. Laporan Permintaan Barang Pertanggal

 

Rancangan Laporan Permintaan Barang Pertanggal

LOGO

RUMAH SAKIT YOS SUDARSO PADANG

Jln. Situjuh No 1 Padang

LAPORAN PERMINTAAN BARANG PERTANGGAL

Periode Tanggal : 99-99-9999

 

No

Tanggal

Permintaan

Nomor

Permintaan

Nama Pegawai

Bertanggungjawab

Barang (Pembelian)

Berdasarkan Faktur Pembelian

Kode

Nama

Bnyk

Satuan

Harga

Total

9(15)

99-99-9999

X (10)

X (30)

X (5)

X (30)

9(2)

X (10)

9 (8)

9 (8)

X (10)

Total Keseluruhan :

9(8)

9(8)

 

Padang, 99-99-9999

Mengetahui

Pimpinan

 

X(45)

Dibuat Oleh

Ka.Logistik

 

X(45)

 

 

Tabel 4.4 Rancangan Laporan Permintaan Barang Pertanggal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

e. Laporan Permintaan Barang PerBulan

Tabel 4.6 Rancangan Laporan Permintaan PerBulan

LOGO

RUMAH SAKIT YOS SUDARSO PADANG

Jln. Situjuh No 1 Padang

 
 

LAPORAN PERMINTAAN BARANG PERBULAN

Bulan : XXXX

No

Tanggal

Permintaan

Nomor

Permintaan

Nama Pegawai

Bertanggingjawab

Total

Permintaan

9(15)

99-99-9999

X (10)

X (15)

 

9 (8)

Total Keseluruhan :

 

9(8)

Padang, 99-99-9999

Mengetahui

Pimpinan

 

 

X(45)

Dibuat Oleh

Ka.Logistik

 

 

X(45)

 

Tabel 4.5 Rancangan Laporan Permintaan Barang Perbulan

f. Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang

Rancangan Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang

LOGO

RUMAH SAKIT YOS SUDARSO PADANG

Jln. Situjuh No 1 Padang

DAFTAR RINCIAN PERSEDIAAN BARANG

Periode Tanggal : 99-99-9999

No Transaksi

Tanggal Transaksi

Kode

Supplier

Kode

Pegawai

Kode

Barang

Nama

Barang

Satuan

Barang

Persediaan Barang

Stok

Awal

Barang Masuk (Beli)

Barang Keluar (Minta)

Stok

Akhir

Banyak

Harga

Total

Banyak

Harga

Total

9(4)

99-99-9999

X(5)

X(5)

X(5)

X(30)

X(10)

9(2)

9(2)

9(8)

9(8)

9(2)

9(8)

9(8)

9(2)

 

Padang, 99-99-9999

Mengetahui

Pimpinan

X(45)

Dibuat Oleh

Ka.Logistik

X(45)

Tabel 4.6 Rancangan Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang

4. RANCANGAN INPUT

Rancangan Input merupakan unit masukan dari sistem informasi untuk menghasilkan laporan yang kita inginkan. Disini tanpa adanya unit masukan (input) maka laporan-laporan yang kita inginkan tidak tidak akan tercapai. Bentuk desain input yang akan penulis terapkan dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini:

 

a. Rancangan Form Entry Data Supplier

entri.jpg

Gambar 4.8 Rancangan Form Entry Data Supplier

 

 

 

 

b. Rancangan Form Entry Data Pegawai

entri-pegawai.jpg

Gambar 4.9 Rancangan Form Entry Data Pegawai

c. Rancangan Form Entry Data Barang

entri-barang.jpg

Gambar 4.10 Rancangan Form Entry Data Barang

d. Rancangan Form Data Transaksi Pembelian Barang

frm-pembelian.jpg

Gambar 4.11 Rancangan Form Data Transaksi Pembelian Barang

e. Rancangan Form Transaksi Pembelian Barang

frm-transaksi.jpg

Gambar 4.12 Rancangan Form Transaksi Pembelian Barang

f. Rancangan Form Entry Data Pembelian Barang

form-beli.jpg

Gambar 4.13 Rancangan Form Entry Data Pembelian Barang

g. Rancangan Form Data Transaksi Permintaan Barang

form-permintaan.jpg

Gambar 4.14 Rancangan Form Data Transaksi Permintaan Barang

h. Rancangan Form Transaksi Permintaan Barang

transaksi-frm-permintaan.jpg

Gambar 4.15 Rancangan Form Transaksi Permintaan Barang

i. Rancangan Form Entry Data Permintaan Barang

entri-dat-permintaa.jpg

Gambar 4.16 Rancangan Form Entry Data Permintaan Barang

5. RANCANGAN FILE

Merancang sistem pengolahan data berbasis komputer memerlukan file database untuk mempermudah penyajian informasi laporan. Suatu laporan menyajikan berbagai macam informasi dan data yang dibutuhkan merupakan hasil output dan relasi dari beberapa table atau file yang dirancang.

File merupakan kumpulan dari beberapa record-record yang tersusun secara logis, dimana record-record tersebut disimpan dalam suatu media penyimpanan yang tepat. Rancangan file yang dirancang untuk pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang adalah sebagai berikut:

 

a. Tabel barang

Database name : db_peralatan

Table name : barang

Index List : idxbarang

 

Tabel 4.7 Tabel Barang

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

 

4.

kode_barang

nama_barang

 

satuan_barang

 

stok_barang

Text

Text

 

Text

 

Long

5

30

 

10

 

4

 

 

kode barang

nama barang

satuan barang

stok barang

b. Tabel Pegawai

Database name : db_peralatan

Table name : Pegawai

Index List : idxpegawai

 

Tabel 4.8 Tabel Pegawai

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

 

4.

 

5.

kode_pegawai

nama_pegawai

 

alamat_pegawai

 

jabatan_pegawai

 

telepon_pegawai

 

Text

Text

 

Text

 

Text

 

Text

 

5

30

 

50

 

30

 

13

 

 

 

kode_pegawai

nama_pegawai

alamat_pegawai

jabatan_pegawai

telepon_pegawai

 

c. Tabel Pembelian

Database name : db_peralatan

Table name : pembelian

Index List : idxpembelian

 

Table 4.9 Tabel Pembelian

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

 

4.

 

5.

nofak_pembelian

tanggal_pembelian

 

kode_pegawai

 

kode_supplier

 

total_pembelian

Text

Date/Time

 

Text

 

Text

 

Currency

 

10

8

 

5

 

5

 

8

 

 

 

nofak_pembelian

tanggal_pembelian

kode_pegawai

kode_supplier

total_pembelian

 

d. Tabel PembelianBarang

Database name : db_peralatan

Table name : pembelianbarang

Index List : idxpembelianbarang

 

Table 4.10 Tabel Pembelian Barang

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

4.

5.

 

nofak_pembelian

kode_barang

jumlah_beli

harga_beli

stok _beli

Text

Text

Long

Currency

Integer

10

5

4

8

2

 

nofak_pembelian

kode_barang

jumlah_beli

harga _beli

stok _beli

 

e. Tabel Permintaan

Database name : db_peralatan

Table name : permintaan

Index List : idxpermintaan

 

Tabel 4.11 Tabel Permintaan

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

 

 

 

Nomor_Permintaan

Tanggal_Permintaan

 

Kode_Pegawai

 

 

Text

Date/Time

 

Text

 

 

 

10

8

 

5

 

 

 

 

 

 

Nomor_Permintaan

Tanggal Permintaan

Kode_Pegawai

 

f. Tabel PermintaanBarang

Database name : db_peralatan

Table name : permintaanbarang

Index List : idx permintaanbarang

 

Table 4.12 Tabel Permintaan Barang

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

4.

5.

 

nomor_permintaan

kode_barang

jumlah_minta

harga_minta

nofak_pembelian

Text

Text

Integer

Currency

Text

10

5

2

8

10

 

nomor_permintaan kode_barang

jumlah_minta

harga_minta

nofak_pembelian

 

g. Tabel Supplier

Database name : db_peralatan

Table name : Suplier

Index : idxsupplier

 

Table 4.13 Tabel Supplier

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

 

4.

 

5.

Kode_Supplier

Nama_Supplier

 

Alamat_Supplier

 

Perusahaan_Supplier

 

Telepon_Supplier

Text

Text

 

Text

 

Text

 

Text

 

5

30

 

50

 

30

 

13

 

 

 

Kode_Supplier

Nama_Supplier

Alamat_Supplier

Perusahaan_Supplier

 

Telepon_Supplier

 

h. Tabel Persediaan

Database name : db_peralatan

Table name : persediaan

Index : idxbeli, idxminta, idxpersediaan

 

Table 4.14 Tabel persediaan

No

Field Name

Type

Width

Desc

Description

1.

2.

3.

 

4.

 

5.

 

6.

 

7.

 

8.

 

9.

 

10.

nomor_transaksi

 

tgl_transaksi

 

kode_supplier

 

kode_barang

 

stok_awal

 

jumlah_beli

 

Harga_beli

 

jumlah_minta

 

harga_minta

 

stok_akhir

Long

Date/Time

 

Text

 

Text

 

Integer

 

Integer

 

Currency

 

Integer

 

Currency

 

Integer

4

8

 

5

 

5

 

2

 

2

 

8

 

2

 

8

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

nomor_transaksi

tgl_transaksi

kode_supplier

kose_barang

 

stok_awal

jumlah_beli

 

Harga_beli

 

jumlah_minta

 

harga_minta

 

stok_akhir

6. ENTITY RELATIONAL DIAGRAM

Entity Relational Diagram merupakan gambaran tentang relasi dari setiap entity atau attribute dari file-file yang diinginkan untuk menggabungkan atau menghubungkan data sehingga dapat dirancang laporan atau input data yang diinginkan. Pada gambar berikut ini penulis jelaskan aliran Entity Relational Diagram dari file-file yang dirancang untuk aplikasi sistem pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang, yaitu:

entri-ralitional.jpg

 

Gambar 4.17 Entity Relational Diagram (ERD)

7. RANCANGAN PROSES

1. Stok

Stok Akhir = Stok Awal + Pembelian- Permintaan

2. Pembelian

Total Pembelian = Jumlah Pembelian * Harga Satuan

 

8. RELASI ANTAR FILE

Relasi antar file yang terjadi pada perancangan sistem informasi pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang adalah:

relasiantar-file.jpg

Gambar 4.18 Relasi Antar File

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: