Bab V Implementasi Sistem

BAB V

IMPLEMENTASI SISTEM

A. Implementasi Sistem

Implementasi sistem (System Implementasion) merupakan tahap penerapan sistem agar dapat dioperasikan. Agar implementasi dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan, maka sebelumnya perlu diadakan semacam rencana implementasi. Rencana implementasi dimaksud untuk mengatur biaya, waktu yang dibutuhkan, kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan adalah pemilihan dan pelatihan personil, instalasi perangkat keras dan perangkat lunak, pemograman dan pengetesen program, pengetesan sistem dan konversi sistem.

 

  1. Pemilihan dan Pelatihan Personil

Pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang, dapat dilakukan oleh karyawan pada bagian Logistik. Karyawan akan diberikan pengarahan dan pelatihan bagaimana menggunkan sistem yang telah dibagun dengan baik dan benar. Dalam pemilihan personil ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu:

a) Kemampuan atau skill yang dimiliki personil

b) Ilmu pengetahuan pendukung terhadap system

c) Kegiatan / produktifitas yang dimiliki untuk, melakukan suatu kegiatan

d) Kedisiplinan dan tanggung jawab

e) Sumber daya yang dimiliki personil

Dalam kegiatan implementasi ini penerapan sistem ditujukan kepada sub bagian logistik. Sub Bagian Logistik dapat memakai sistem yang telah dirancang agar mudah dalam mengentri data-data pembelian barang dan data-data permintaan barang umum pada Rumah sakit Yos Sudarso Padang.

 

  1. Pemilihan Hardware dan Software

Adapun Hardware atau perangkat keras yang digunakan dalam merancang program aplikasi ini adalah sebagai berikut:

1. Komputer Processor Intel Pentium IV

2. Hardisk 140 GB

3. Memory 256 MB Ram

4. Disk Floppy A 3.5

5. CD RW Samsung

6. VGA Card 8 Mb

7. Monitor 15” Samsung

8. Mother Board

9. Keyboard Komic

10. Mouse Komic

11. Sound Card

Adapun Software atau perangkat lunak yang digunakan dalam merancang program aplikasi ini adalah:

a) Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional Version 2003

b) Program Aplikasi Visual Basic 6.0

c) Database dengan menggunakan Microsoft Access

d) Crystal Report 8.5

 

  1. Pemograman dan Pengetesan Program

Pemograman (programming) merupakan kegiatan penulisan program yang akan dieksekusi oleh komputer. Program yang dibuat harus sesuai dengan disain yang telah dirancang sehingga dapat memenuhi pemakai sistem, yaitu Rumah Sakit Yos Sudarso Padang. Penulisan kode program harus dibuat baik dan terstruktur agar program tersebut mudah dimengerti dan dimodifikasi.

Agar program bebas dari kesalahan-kesalahan, maka terlebih dahulu harus dites. Program dites untuk setiap modul kemudian dilanjutkan dengan pengetesan semua modul yang telah dirangkai menjadi satu kesatuan.

Kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diklasifikasi menjadi:

a. Kesalahan bahasa (Language Errors) atau kesalahan penulisn (syntax errors) adalah kesalahan dalam penulisan source program yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan.

b. Kesalahan sewaktu proses adalah kesalahan yang terjadi sewktu ekseskusi dijalankan.

c. Kesalahan Logika (Logical Errors) adalah kesalahan dari logika program yang dibuat.

1. Input

Dalam merancang sistem ini input yang diperlukan yaitu:

a) Input Data Supplier, yang digunakan untuk menginputkan seluruh data-data supplier agar mudah mengetahui supplier yang bekerjasama dengan Rumah sakit Yos Sudarso Padang dalam pembelian barang umum

b) Input Data Pegawai, yang digunakan untuk menginputkan data-data pegawai agar mudah mengetahui pegawai yang melakukan transaksi pembelian barang umum.

c) Input Data Barang, digunakan untuk menginputkan data-data barang agar mudah mengetahui banyak barang umum.

d) Input Permintaan Barang, berguna untuk mengetahui banyak permintaan barang yang dikeluarkan oleh pegawai kepada ruangan.

e) Input Pembelian Barang, berguna untuk mengetahui jumlah pembelian barang yang akan dibeli kepada supplier.

2. Proses

a) Stok

Stok Akhir = Stok Awal + Pembelian- Permintaan

b) Pembelian

Total Pembelian = Jumlah Pembelian * Harga Satuan

 

3. Output

Output yang dihasilkan pada sistem yang dirancang berupa laporan yaitu:

a) Laporan Persedian Barang, yang berisi tentang jumlah barang yang tersedia di gudang.

b) Laporan Pembelian Barang Pertanggal, yang berisi tentang jumlah pembelian barang umum yang dibeli setiap harinya.

c) Laporan Pembelian Barang Perbulan, yang berisi tentang jumlah pembelian barang umum selama satu bulan.

d) Laporan Permintaan Barang Pertanggal, yang berisi tentang jumlah barang yang dimnta setiap harinya dari gudang berdasarkan banyaknya transaksi permintaan.

e) Laporan Permintaan Barang Berbulan, yang berisi tentang jumlah permintaan barang umum yang dinta dari gudang selam satu bulan baerdasarkan banyaknya transaksi permintaan.

f) Laporan Rincian Persediaan Barang adalah lapoan yang berisiken secara rinci persediaan barang baik itu pada saat barang masuk meupun barang keluar.

 

  1. Pengetesan Sistem

Pengetesan sistem biasanya dilakukan setelah pengetesan program. Pengetesan sistem ( System Testing ) dilakukan untuk memeriksa kekompakan antar komonen sistem yang diimplementasikan. Tujuan utama dari pengetesan sistem adalah untuk memastikan bahwa elemen-elemen atau komponen–komponen dari sistem telah berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Pengetesan perlu dilakukan untuk mencari

kelemahan-kelemahan yang mungkin terjadi. Pengetesan sistem termasuk juga pengetesan secara keseluruhan atau menyeluruh.

Dalam sistem informasi pengolahan data pembelian peralatan umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang pengujian sistem yang dilakukan yaitu:

a. Personil

1) Personil memiliki kemampuan mengolah data pembelian barang umum.

2) Personil memahami proses dan kegiatan pembelian dan permintaan barang umum.

3) Kedisiplinan dan tanggung jawab personil bisa menentukan pembelian barang umum dapat dilakukan tepat pada waktunya.

b. Hardware

Dalam perancangan sistem informasi pengolahan data pembelian barang umum Hardware yang diuji yaitu:

1) Komputer Intel Pentium IV

2) Hardisk 140 GB

3) Memory 256 Mb Ram

4) Monitor 15” Samsung

5) Keyboard dan Mouse Komic

6) DVD RW Samsung

c. Software

Dalam perancangan sistem informasi pengolahan data pembelian barang umum Software yang diuji yaitu:

1) Sistem Operasi Microsoft Windows XP Profesional Version 2003

2) Program Aplikasi Visual Basic 6.0

3) Database dengan menggunakan Microsoft Access

4) Crystal Report 8.5

d. Database

Dalam perancangan sistem informasi pengolahan data pembelian barang umum Rumah Sakit Yos Sudarso Padang ini Database yang diuji yaitu: Microsoft Access.

B. Pembahasan Hasil Implementasi Sistem

  1. Form Login

Tampilan login berfungsi untuk membatasi hak akses user dengan kata lain sistem ini hanya bisa digunakan oleh user tertentu saja yang telah dikenal sistem. Tampilan halaman login dapat dilihat pada gambar berikut:

form.jpg

Gambar 5.1 Form Login

  1. Menu Utama

Merupakan kerangka dasar dari beberapa sub program yang ada didalamnnya, sekaligus sebagai tampilan utama dari program sistem informasi pengolahan data pembelian barang umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini:

menu-utama.jpg

Gambar 5.2 Menu Utama

a. Input atau Entry Data

Form input atau Entry Data yang dihasilkan dari kegiatan implementasi sistem pada program aplikasi Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian Barang Umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso Padang adalah sebagai berikut:

 

1) Form Entri Data Supplier

Form Supplier digunakan untuk menginputkan seluruh data-data supplier agar mudah mengetahui data-data supplier yang bekerjasama dalam pembelian barang umum.

entri-suplier.jpg

Gambar 5.3 Form Entry Data Supplier

2) Form Entri Data Pegawai

Form Entry Data Pegawai berguna untuk menginputkan data-data pegawai yang memberikan atau melakukan transaksi pembelian atau permintaan barang umum

entri-pegawai.jpg

Gambar 5.4 Form Entry Data Pegawai

3) Form Entri Data Barang

Form Entry Data Barang digunakan untuk menginputkan seluruh data-data barang umum agar mudah mengetahui data-data barang umum yang ada.

entri-barng.jpg

Gambar 5.5 Form Entry Data Barang

b. Proses

1) Form Data Transaksi Pembelian Barang

Form Transaksi Pembelian Barang berguna untuk menginputkan jumlah data-data transaksi pembelian barang yang dilakukan oleh petugas atau pegawai yang melakukan pembelian barang pada Rumah Sakit Yos Sudarso kepada supplier.

transaksi-pembelian.jpg

Gambar 5.6 Data-Data TransaksiPembelian Barang

2) Form Transaksi Pembelian Barang

Form Transaksi Pembelian Barang berguna untuk menginpukan data-data transaksi pembelian barang umum.

form-transaksi-pembelian.jpg

Gambar 5.7 Form Transaksi Pembelian Barang

3) Form Entri Data Pembelian Barang

Form Entri Data Pembelian Barang berguna untuk mengentrikan data pembelian barang umum.

form-entri-pembelian.jpg

Gambar 5.8 Form Entri Data Pembelian Barang

4) Form Data Transaksi Permintaan Barang

Form Transaksi Permintaan Barang berguna untuk mengentrikan data-data permintaan barang dari sejumlah transaksi permintaan barang umum.

data-transaksi-permintaan.jpg

Gambar 5.9 Form Data Transaksi Permintaan Barang

5) Form Transaksi Permintaan Barang

Form Transaksi Permintaan Barang berguna untuk menginputkan jumlah data-data transaksi permintaan barang umum.

form-transaksi-permintaan.jpg

Gambar 5.10 Form Transaksi Permintaan Barang

6) Form Entri Data Permintaan Barang

Form Entri Data Permintaan Barang berguna untuk mengentrikan data permintaan barang umum.

: entrypermintaa.jpg

Gambar 5.11 Form Entri Data Permintaan Barang

Proses

Adapun proses yang terjadi pada pembelian barang umum pada

1) Stok

Stok Akhir = Stok Awal + Pembelian- Permintaan

2) Pembelian

Total Pembelian = Jumlah Pembelian * Harga Satuan

 

c. Output

Laporan-laporan yang dihasilkan dari kegiatan implementasi Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian Barang Umum pada Rumah Sakit Yos Sudarso adalah sebagai berikut:

 

  1. Laporan Persediaan Barang

Laporan Persediaan Barang adalah Laporan yang berisi tentang data-data barang yang berguna untuk mengetahui jumlah atau stok barang yang tersedia.

laporanpersediaan.jpg

Gambar 5.12 Laporan Persediaan Barang

  1. Laporan Pembelian Barang Pertanggal

Laporan Pembelian Barang Pertanggal adalah Laporan yang berisi tentang banyak pembelian barang setiap hari atau pertanggal yang berguna untuk mengetahui jumlah pembelian barang yang dibeli setiap hari.

 

laporan-pembelian.jpg

Gambar 5.13 Laporan Pembelian Barang Pertanggal

  1. Laporan Pembelian Barang Perbulan

Laporan Pembelian Barang Perbulan adalah Laporan yang berisi tentang banyak pembelian barang yang dibeli yang oleh pegawai kepada supplier yang berguna untuk mengetahui banyaknya transaksi pembelian barang yang dilakukan selama satu bulan.

laporambeliperbulan.jpg

.

Gambar 5.14 Laporan Pembelian Barang Perbulan

  1. Laporan Permintaan Barang Pertanggal

Laporan Permintaan Barang Pertanggal adalah Laporan yang berisi tentang banyak permintaan barang setiap hari atau pertanggal yang berguna untuk mengetahui jumlah permintaan barang yang diminta setiap hari atau selama satu minggu.

lappermintaanpertanggal.jpg

Gambar 5.15 Laporan Permintaan Barang Pertanggal

  1. Laporan Permintaan Barang Perbulan

Laporan Permintaan Barang Perbulan adalah Laporan yang berisi tentang banyak permintaan barang yang diminta yang diberikan oleh pegawai yang berguna untuk mengetahui banyaknya transaksi permintaan barang yang dilakukan selama satu bulan.

lappermintaanperbulan.jpg

 

Gambar 5.16 Laporan Permintaan Barang Perbulan

  1. Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang

Laporan Data Rincian Persediaan Barang adalah Laporan yang berisi tentang rincian persediaan barang baik itu banyak pembelian /barang masuk maupun banyaknya permintaan barang yang diminta (keluar) yang diberikan oleh pegawai yang berguna untuk mengetahui stok akhir barang

laprincianpersediaan.jpg

Gambar 5.17 Laporan Daftar Rincian Persediaan Barang

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: